Representasi Maskulinitas ( Studi Analisis Semiotika Terhadap Iklan MS Glow For Men

Millania, Muhammad Tri Putra (2023) Representasi Maskulinitas ( Studi Analisis Semiotika Terhadap Iklan MS Glow For Men. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRA penyerahan - MTri Putra.pdf] Text
SKRIPSI PUTRA penyerahan - MTri Putra.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Iklan adalah salah satu media komunikasi massa, penayangan iklan tidak
hanya bertujuan untuk mempromosikan produk dagangan. Melalui iklan kerap
terdapat pesan-pesan tersirat yang ingin di sampaikan kepada masyarakat lewat
penayangan iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis lebih detail terkait representasi maskulinitas dan makna denotasi,
konotasi serta mitos dalam iklan MS Glow For Men versi Babe Cabita X Marshel
Widianto yang berupaya mengubah stigma masyarakat tentang standar ganteng
dan maskulin bagi kaum pria. Mayoritas brand produk skincare biasanya
menggunakan model yang memiliki postur tubuh atletis dan wajah rupawan
(bersih dan terawat) dengan profesi keren seperti aktor, pemain sepak bola dan
olahragawan. Namun Pada iklan ini, MS Glow For Men memilih seorang stand up
comedian sebagai aktor atau model untuk mempromosikan produknya.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi dan
dokumentasi. Analisis yang digunakan penulis yakni anlisis semiotika dengan
model analisis Roland Barthes. Dengan melakukan analisis inilah penulis dapat
mengetahui representasi maskulinitas dan makna denotasi, konotasi dan mitos
yang terkandung dalam iklan MS Glow For Men versi Babe Cabita X Marshel
Widianto.
Penelitian ini berhasil menemukan petanda dan penanda dari makna
denotasi, konotasi dan mitos dalam bentuk representasi maskulinitas yang ada
pada iklan ini. Penulis menemukan beberapa representasi maskulinitas bahwa
siapapun dari setiap kalangan berhak dan boleh menggunakan skincare terlepas
dari stigma standar tampan dan maskulin yang berlaku di masyarakat. Melalui
penguatan tagline #SemuaJugaBisa MS Glow For Men ingin menekankan bahwa
tidak semua ganteng dan maskulin adalah kekar dan putih.

Kata Kunci : Representasi, Iklan, MS Glow For Men, Semiotika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:08
Last Modified: 06 Jun 2024 01:08
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item
View Item