Implementasi Permainan Tradisional Dalam Peningkatan Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar

Aminah, Siti (2023) Implementasi Permainan Tradisional Dalam Peningkatan Interaksi Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak-anak sangat minim berinteraksi ketika diberikan kegiatan belajar mengajar
dengan metode ceramah, sehingga permainan tradisional Gobag Sodor digunakan
untuk meningkatkan kegiatan interaksi mereka. Gobag sodor berasal dari kata
Gobag dan Sodor. Kata Gobag yang artinya bergerak bebas. Sedangkan untuk
Sodor artinya Tombak. Permainan tradisional Gobag Sodor sebagai salah satu
bentuk dari kegiatan bermain diyakini dapat memberikan manfaat bagi
perkembangan fisik dan mental anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana implementasi permainan tradisional Gobag Sodor dalam
mengembangkan interaksi sosial mereka dan untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam implementasi permainan tradisional gobag sodor dalam
meningkatkan interaksi sosial anak di SD Negeri 22/IX Tangkit, Kecamatan Sungai
Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data ini dilakukan dengan
pengamatan dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukan
bahwa implementasi permainan tradisional dalam peningkatan interaksi sosial
peserta didik sekolah dasar, mampu meningkatkan interaksi sosial peserta didik.
Karena dengan bermain permainan tradisional khususnya gobak sodor peserta didik
menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam berinteraksi, terdapat interaksi nya yaitu
interaksi fisik, interaksi emosional, interaksi verbal, pembelajaran juga menjadi
lebih menarik sehingga dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik..
Kata Kunci : Permainan Tradisional Gobak Sodor, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:01
Last Modified: 17 Oct 2024 04:17
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item
View Item