“Strategi Komunikasi Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Remaja Di Kelurahan Kasang”.

Fikri, Ilham (2022) “Strategi Komunikasi Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Remaja Di Kelurahan Kasang”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi memilki peranan yang sangat vital dalam kehidupan kita,
termasuk dalam membentuk kehidupan sosial. Komunikasi berlangsung mulai
dari interaksi dalam kegiatan sehari-hari, hingga dalam pelaksanaan berbagai
kegiatan agama seperti menciptakan dakwah islamiyah. Dalam proses komunikasi
terdapat berbagai bentuk salah satunya adalah komunikasi persuasif. Tujuan
pokok komunikasi persuasif adalah untuk mempengaruhi orang lain dengan usaha
mengubah keyakinan, nilai atau sifat sasaran. Remaja merupakan generasi penerus
kedepannya yang di dalamnya terdapat fungsi pembentukan sikap serta dakwah,
keorganisasian, pendidikan keagamaan dan akhlak. Hal inilah yang mendorong
penulis meneliti Strategi Komunikasi Persuasif Tokoh Agama yang berada di RT
12 dan RT 13, dengan adanya peran dari Tokoh Agama tentunya diharapkan
mampu membentuk dakwah bagi remaja serta dapat meningkatkan berbagai
kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh para remaja secara intensif.
Untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan
analisis data dilapangan (field reseaech) model Miles dan Huberman dengan
kualitatif deskritif, pengumpulan data dilakukan pada kondisi alamiah (Natural
Setting) dengan mendeskripsikan komunikasi persuasive tokoh agama dalam
meningkatkan kegiatan keagamaan pada remaja. Penelitian ini menggunakan
teknik Snow Ball sampling. Pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan
Dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa: 1)
Dalam komunikasi Tokoh Agama menggunakan komunikasi persuasif dan hal
tersebut efektif dalam meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan pada remaja.
Penerapan komuikasi persuasif yang dilakukan oleh tokoh agama menggunakan
berbagai tehknik. Beberapa tehknik yang digunakan, antara lain teknik asosiasi,
teknik Integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring. 2) upaya
yang dilakukan oleh tokoh agama untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan
kegiatan keagamaan pada remaja yaitu mengarahkan secara halus, mendampingi,
menggunakan bahasa yang sederhana, dan memberi motifasi, kemudian
mengadakan diskusi dengan sesama Remaja Masjid. 3) Strategi persuasif yang
dilakukan oleh Tokoh Agama memberikan manfaat yang positif. Dalam penelitian
yang peneliti lakukan, ada beberapa manfaat yang dapat dilihat terkait
penggunaan Strategi Komunikasi Persuasif, diantaranya adalah kegiatan lebih
aktif, memiliki semangat yang tinggi, meningkatnya wadah bagi remaja,
menciptakan generasi yang bermanfaat bagi orang banyak.
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Tokoh Agama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:08
Last Modified: 02 Oct 2024 01:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item
View Item