“Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi ”.

Harmawan, Diki (2023) “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi ”. Diploma thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI DIKI HARMAWAN(201190229) - Diki Harmawan.pdf] Text
SKRIPSI DIKI HARMAWAN(201190229) - Diki Harmawan.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya guru Pendidikan agama islam
mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif, pengumpulan datanya dilakuakan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan bahawa Upaya guru
Pendidikan agama islam sangat berpengaruh terhadap kualitas Pendidikan.
Peneliti menemukan bahwa guru Pendidikan agama islam sangat berperan penting
dan di perlukan dalam sebuah Pendidikan dan pembelajaran. Mengajarkan
membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap orang tua kepada anaknya.
Seharusnya sejak usia dini anak harus sudah di ajarkan membaca Al-Qur’an.
Namun belakangan ini di tengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern
sering melupakan pentingnya pengajaran Al-Qur’an kepada anak. Apalagi secara
kuantitas masyarakat muslim terutama di kalanngan remaja mengalami kondisi
yang cukup memprihatinkan. Sangat ironi sekali dengan kondisi masyarakat di
Indonesia yang masoritas beragama islam. Dalam situasi seperti ini, salah satu
jalan yang di lakukan oleh para orang tua adalah memasukan anaknya ke lembaga
pendididikan untuk meringankan tugas sebagai orang tua. Sehingga mereka
menaruh kepercayaan penuh kepada pihak sekolah untuk membimbing anaknya.
Terkadang mereka tidak mau tahu perkembangan anaknya dalam hal membaca
Al-Qur’an karena suddah mempercayai kepada pihak sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang I alami oleh siswa
sekolah menengah pertama negeri 7 kota jambi dalam membaca Al-Qur’an.
Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam
membaca Al-Qur’an berdasarkan data yang penulis peroleh dari para guru agama
islam setempat. Dalam penelitian ini desain penelitian yang di gunakan adalah
deskriptif analisis, dari penelitian yang penulis lakukan,maka sampaikan pada
penarikan

Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:42
Last Modified: 05 Jun 2024 07:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item
View Item