Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Satun, Khom (2023) Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of skripsi atun PDF WATERMARK - Khom Satun.pdf] Text
skripsi atun PDF WATERMARK - Khom Satun.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang, Penerapan Model Problem Solving Pada
Pembelajaran matematika materi bangun ruang Siswa Kelas V SDN 173/X
Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tujuan
penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan komunikasi
matematika siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran Problem
Solving . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri
173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur,
sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran matematika dengan
menggunakan model Problem Solving, dengan materi bangun ruang. Penelitian
ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan empat tahap meliputi: 1)Perencanaan, 2)
Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dokumentasi dan rubik penilaian keterampilan komunikasi matematika
siswa. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data, termasuk
pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat
meningkatkan keterampilan komunikasi matematika siswa dalam proses
pembelajaran. Peningkatan yang terjadi pada siklus pada siklus I diperoleh rata
rata persentase sebesar 61% sedangkan pada siklus II diperoleh rata rata
persentase sebesar 80%. Hasil observasi aktifitas mengajar guru pada siklus I
diperoleh persentase sebesar 69,2% sedangkan pada siklus II diperoleh rata rata
persentase sebesar 81,53%. hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika materi taharah
dengan menggunakan problem solving. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri 173/X Lambur II Kecamatan Sabak Timur Kabupaten
Tanjung Jabung Timur.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving , keterampilan komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:25
Last Modified: 05 Jun 2024 07:25
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item
View Item