Kemampuan Bicara Pada Anak Speech Delay (Studi Kasus) Di Tk Hamnur Desa Pemusiran Kabupaten Sarolangun

Sulastri, Sulastri (2023) Kemampuan Bicara Pada Anak Speech Delay (Studi Kasus) Di Tk Hamnur Desa Pemusiran Kabupaten Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Dokumen dari sulastri - Sulastri 12.pdf] Text
Dokumen dari sulastri - Sulastri 12.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang faktor penyebab dan cara
mengatasi keterlambatan bicara anak Di Tk Hamnur Desa Pemusiran Kabupaten
Sarolangun,cara untuk mengumpulkan data menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan study kasus jenis data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder sumber data yang digunakan peneliti yaitu guru sekolah di Tk Hamnur
Desa Pemusiran Kabupaten Sarolang dan orang tua anak. Teknik pengumpulan
data dengan Observasi,wawancara,Dokumentasi.Pada penelitian ini Teknik
Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Reduksi Data,Penyajian
Data,Penarikan Kesimpulan,Trigulasi.Hasil kegiatan menunjukkan beberapa
faktor yang mempengaruhi keterlambatan bicara anak dan cara mengatasinya.
Faktor keterlambatan bicara anak seperti 1) pengetahuan masih kurang: belum
bisa mengenal huruf, angka dan warna dengan baik. 2) bahasa kedua: anak
bingung menggunakan bahasa. 3) gaya bicara: dalam berbicara anak lembut, pelan
sehingga tidak jelas yang akaibatnya lingkungan enggan mau mengajak anak
berkomunikasi karena tidak mengerti. 4) hubungan orang tua: orang tua sibuk dan
kurang memperhatiakan perkembangan anak, sehingga anak diajak bermain atau
berbicara ketika tidak sibuk. 5) kesehatan: anak tidak ada masalah dalam
pendengaran, lidah ataupun hidungnya.Kendala anak dalam berbicara disebabkan
oleh rendahnya tingkat kecerdasan yang membuat anak tidak mungkin belajar
berbicara sama baiknya seperti teman-teman sebayanya, yang kecerdasannya
normal atau tinggi, kendala lain kurangnya motivasi dari lingkungan. cara guru
mengatasi kendala dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak yaitu guru
Menggunakan metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan bicara dan
guru selalu melatih anak berbicara agar anak ada perkembangan meskipun bahasa
yang digunakan anak belum jelas.
Kata Kunci: keterlambatan bicara anak, Speech delay

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:11
Last Modified: 05 Jun 2024 07:11
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item
View Item