Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nururrodhiyah Kota Jambi

Hadiyani, Vidia Putri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 204190048 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURURRODHIYAH  KOTA JAMBI - akmal saputra.pdf] Text
204190048 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan
Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Nururrodhiyah Kota Jambi.
Penelitian ini bertujuan agar keterampilan berpikir siswa meningkat dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
dari Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data dengan teknik observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based
Learning pada kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi. Hasil penelitian ini
menunjukkan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pmuatan IPA. Pada
siklus I hasil keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 69,48% dan meningkat
pada siklus II sebesar 13,19% menjadi 82,67%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan Ilmu
Pengetahuan Alam dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:26
Last Modified: 05 Jun 2024 04:26
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item
View Item