Hadiyani, Vidia Putri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan
Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Nururrodhiyah Kota Jambi.
Penelitian ini bertujuan agar keterampilan berpikir siswa meningkat dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
dari Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data dengan teknik observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based
Learning pada kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi. Hasil penelitian ini
menunjukkan dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pmuatan IPA. Pada
siklus I hasil keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 69,48% dan meningkat
pada siklus II sebesar 13,19% menjadi 82,67%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan Ilmu
Pengetahuan Alam dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:25 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/729 |