Sari, Ratna (2023) “Peran Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Benteng Provinsi Riau”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![[thumbnail of skripsi ratna fix nian-1 - Ratna Sari.pdf]](https://repository.uinjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi ratna fix nian-1 - Ratna Sari.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad
Benteng Riau, dengan pokok masalah: Bagaimana peran guru Al-Qur’an dalam
mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud
Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah
Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Melalui guru mata pelajaran
Al-Qur’an, siswa kelas VII dan kepala Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-
Irsyad Benteng Provinsi Riau. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darud
Da’wah Wal-Irsyad Benteng Riau. Metode keabsahan data menggunakan
Triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa guru Al-Qur’an memiliki peran yang
sangat penting dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an di Madrasah. Menjadi
pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an telah dijalankan dengan
baik dan sebagaimana mestinya. Selain itu perlunya peran guru Al-Qur’an
dikarenakan siswa masih memerlukan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an
khususnya pada pelafalan makhorijul huruf, tajwid dan hurf hijaiyah yang
bersambung. Dalam menjalankan perannya guru berupa mengadakan bimbingan
Al-Qur’an setiap pagi hari yang dibimbing eksklusif oleh guru di bidang Al-
Qur’an, Menciptakan fasilitas serta sarana prasarana yang menunjang peserta
didik dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, buku iqra’, juz’ama dan Al-
Qur’an dan meningkatkan rendahnya minat membaca Al-Qur’an pada diri peserta
didik.
Kata Kunci : Peran Guru, Mengatasi Masalah, Kesulitan Membaca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:21 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:21 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/726 |