Saputri, Oktavia Rubiyana (2023) Penggunaan media amplop rahasia untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 54/IV Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui
media Amplop Rahasia pada materi wujud zat dan perubahannya Pembelajaran
IPAS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 054 Kota Jambi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis &
Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi
dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang
digunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 054 Kota Jambi
yang berjumlah 19 siswa. Pada pra siklus skor keaktifan siswa adalah 2,4 kategori
kurang aktif. Selanjutnya setelah kegiatan siklus 1 persentase keaktifan siswa
72,5 % dengan skor keaktifan 3,6 dengan kategori mendekati aktif dengan jumlah
5 siswa aktif dan 14 siswa cukup aktif. Pada siklus II meningkat dengan
persentase rata-rata 86,92% keaktifan belajar dengan skor 4,5 dengan kategori
hampir sangat aktif, dengan jumlah 16 siswa kategori aktif dan 3 siswa sangat
aktif. Dapat disimpulkan dengan menggunakan media Amplop Rahasia dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 54/IV Kota Jambi pada
mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan
media Amplop Rahasia dalam materi pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Kata kunci : Keaktifan Belajar, Pembelajaran IPAS, Media Amplop Rahasia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:55 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/725 |