PENGGUNAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

H.Lintar, H.Lintar (2023) PENGGUNAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 801210037 PENGGUNAAN SARANA PRASARANA  DALAM  MENINGKATKAN  MOTIVASI  BELAJAR SISWA DI  MADRASAH TSANAWIYAH  NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN  INDRAGIRI HILIR RIAU - akmal saputra.pdf] Text
801210037 PENGGUNAAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JAMA’AH DESA PEBENAAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelisik penggunaan Sarana Prasarana
Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten
Indraigiri Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi,
Wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan.
Penggunaan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Nurul
Jama’ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indraigiri Hilir Riau
Penggunaan atau pemakaian sarana dan prasarana pendidikan disekolah
merupakan tanggungjawab kepala sekolah pada setiap jenjang pendidikan.
Untuk kelancaran kegiatan tersebut, bagi kepala sekolah yang mempunyai
wakil bidang sarana dan prasarana atau petugas yang berhubungan dengan
penanganan saran dan prasarana sekolah diberi tanggung jawab untuk
menyusun jadwal tersebut. yang perlu diperhatikan dalam penggunaan
sarana dan prasarana adalah: a) Penyusunan jadwal harus dihindari
benturan dengan kelompok lainnya b) Hendaklah kegiatan-kegiatan pokok
sekolah merupakan prioritas utama c) Waktu atau jadwal penggunaan
hendaknya diajukan pada awal tahun pelajaran d) Penugasan atau
penunjukan personil sesuai dengan dengan keahlian pada bidangnya e)
Penjadwalan dalam penggunaan sarana dan prasarana sekolah, antar
kegiatan intrakulikuler dengan ekstrakulikuler harus jelas. Faktor pendukung
dalam penggunaan sarana prasarana adalah adanya dukungan dari berbagai
pihak sehingga dalaam penggunaan sarana prasarana pendidikan dapat di
pantau secara bersama-sama sedangkan faktor penghambat dalam
penggunaan sarana dan prasarana adalah kurangnya pemahaman guru
dalam hak Penggunaan sarana dan prasarana, kurangnya pemahaman para
staf dalam Penggunaan sarana dan prasarana sehingga penggunaan sarana
prasarana dilakukan tidak sesuai dengan kegiatan yang telah di lakukan dan
di sepakati bersama. Memotivasi dengan membentuk kebiasaan belajar yang
baik, menjelaskan tujuan belajar kepada siswa, memberikan ulangan secara
berkala, memberikan PR bagi siswa. Dan bagi siswa yang berprestasi rendah
diberikan perhatian yang maksimal pada pelajaran pendidikan agama Islam
dan juga memberikan tugas tambahan untuk membangkitkan semangat
dalam belajar agar prestasi bisa meningkat, memotivasi dengan
membangkitkan minat belajar siswa seperti membandingkan adanya suatu
kebutuhan pada diri anak didik sehingga rela belajar.
Kata Kunci: Penggunaan, Sarana Prasarana, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:14
Last Modified: 05 Jun 2024 04:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item
View Item