Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MtsN 1 Muratara, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan

Nadir, Khoirun (2023) Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MtsN 1 Muratara, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

MTSN 1 Muratara adalah salah satu lembaga pendidikan Islam Negeri yang terletak
di Desa Lesung Batu Muda, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara,
Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Fiqih Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MtsN 1 Muratara, Kabupaten
Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Fiqih di kelas VII, dan
bagaiman Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas
VII di MtsN 1 Muratara,serta Faktor Pendukung dan penghambat Upaya Guru Fiqih
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MtsN 1 Muratara,
Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang pengumpulan datanya
dilakukan dengan cara memperoleh data melalui penelitian berdasarkan objek
lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menjelskan bahwa pada proses pembelajaran fiqih peserta didik cukup antusias
dalam mengikuti pembelajaran tetapi masih juga terdapat peserta didik yang sibuk
sendiri dan tidak memperhatikan. Sehingga hal tersebut merupakan tantangan bagi
guru fiqih, yaitu dengan melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa, seperti: memotivasi siswa, menggunakan metode pembelajaran yang
variatif dan Menarik, menggunakan media pembelajaran elektronik dan alam,
upaya evaluasi dan hasil belajar siswa. Adapun faktor pendukung guru fiqih dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MtsN 1 Muratara yaitu
penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana, dan pengelolaan kelas.
Sedangkan faktor penghambat upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VII di Mtsn 1 Muratara adalah kurangnya motivasi belajar siswa
dari orang tua atau keluarga dan kurangnya minat belajar dari diri siswa
Kata Kunci : Upaya, Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:15
Last Modified: 17 Oct 2024 06:37
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item
View Item