Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan

Yana, Nurin Badri (2023) Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI, NURIN BADRI YANA (201190043)-3 - Nurin Badriyana.pdf] Text
SKRIPSI, NURIN BADRI YANA (201190043)-3 - Nurin Badriyana.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika pembelajaran Al-
Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Musi Rawas Utara

Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode
pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari data primer
dan skunder. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari
sumber datanya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan
sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan arsip
MTs N 1 Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Teknik analisis
yang digunakan yaitu teknik reduksi data, dan penyajian data atau
penarikan kesimpulan. yang melatar belakangi penelitian ini yaitu:
Problem siswa yang meliputi, kurangnya semangat dalam belajar, Problem
guru yang meliputi: kurangnya motivasi dan kurang jelasnya guru dalam
menyampaikan materi, Problem lingkungan, problem kurikulum dan
Problem sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini untuk
meningkatkan hasil belajar dan mengurangi problematika yang terjadi
dalam pembelajaran khususnya Al-Qur’an Hadits.Usaha yang dilakukan
oleh guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadits
di kelas yaitu: Siswa di perintahkan untuk membiasakan diri dalam
membaca Al-Qur‟an dan mengikuti ekstrakurikuler BTQ. Memberi
motivasi kepada siswa agar menjadi pribadi yang pemberani dan percaya
diri. Guru mencoba untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat
mudah diterima oleh semua siswa serta guru memberikan perhatian khusus
kepada siswa yang kesulitan dalam menerima materi pembelajaran.

Kata Kunci: Problematik, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Madrasah
Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:55
Last Modified: 05 Jun 2024 03:55
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item
View Item