PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL- AZHAR II TEBO

Nuraina, Nuraina (2023) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL- AZHAR II TEBO. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS NURAINA REPOSITORI_compressed - NUR AINA.pdf] Text
TESIS NURAINA REPOSITORI_compressed - NUR AINA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Metode pembiasaan merupakan suatu metode pendidkan untuk

menanamkan karakter pada diri anak yang dlakukan secara berulang-
ulang sehingga peserta didik terbiasa melakukan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan baik yang biasa dilakukan secara terus menerus tersebut akan
menjadi karakter yang tertanam dalam jiwa peserta didik sampai ia
dewasa.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan
penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan karakter disiplin
anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode
pembiasaan dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia dini di
Taman Kanak-kanak Al-Azhar II Tebo sudah baik, seperti pembiasaan
rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan dan pembiasaan
terprogram yang sudah di lakukan guru serta kerjasama guru dan orang
tua untuk mengembangkan karakter disiplin anak. Dalam menanamkan
karakter disiplin tentu saja ada factor pendukung dan penghambat, factor
yang mendukung dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak
adalah peran orang tua, sedangkan factor penghambat adalah kesibukan
orang tua serta guru yang belum memiliki kualifikasi pendidikan linier.
Tentu saja di balik factor penghambat harus ada upaya dalam
mengatasinya, upaya dalam penerapan metode pembisaan dalam
mengembangkan karakter disiplin pada anak seperti pembiasaan
langsung yang di terapkan guru pada anak, dan juga komunikasi dua dua
arah dari guru dan orang tua, guru yang tidak linier dapat mengikuti tindak
lanjut yang sudah di sediakan oleh Diknas Pendidkan dalam bentuk forum
diklat dasar, diklat lanjut dan diklat berjenjang.
Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Karakter Disiplin, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:48
Last Modified: 05 Jun 2024 03:48
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item
View Item