Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Irsyadul „Ibad Batanghari Jambi

Kirana, Ana (2023) Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Pondok Pesantren Irsyadul „Ibad Batanghari Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Ana Karina 201190333 Strategi Guru Aqidah  - Ana Karina.pdf] Text
Ana Karina 201190333 Strategi Guru Aqidah - Ana Karina.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru aqidah Akhlak dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa di Pesantren Irsyadul „Ibad Batanghari Jambi.Peneliti
memfokuskan penelitian ini tentang strategi yang digunakan guru Aqidah Akhlak
dalam memotivasi belajar siswa di kelas VII Pesantren Irsyadul „Ibad Batanghari
Jambi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
Mengetahui strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa di pesantren Irsyadul „ibad batanghari jambi, mengetahui faktor penyebab
kurangnya motivasi belajar siswa di pesantren irsyadul „ibad batanghari jambi dan
mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa di pesantren irsyadul‟ibad batanghari jambi. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan metode deskriptif kualitatif, artinya peneliti akan mencoba
mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari observasi dan wawancara yang telah peneliti dapatkan di
lapangan adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru aqidah akhlak di
pesantren irsyadul „ibad batanghari jambi adalah hanya menggunakan strategi atau
metode ceramah. Faktor penyebab kurangnya motivasi belajar siswa di pesantren
irsyadul „ibad batanghari jambi terdapat dua faktor yakni faktor eksternal (luar diri
siswa) dan faktor internal (dalam diri sendiri). Adapun faktor eksternal yaitu
lingkungan dan orantuadan faktor internal adalah diri siswa sendiri. Upaya yang
dilakukan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
pesantren irsyadul „ibad batanghari jambi antara lain: memperjelas tujuan yang
ingin dicapai, membangkitkan minat siswa,ciptakan suasana yang menyenagkan,
menggunakan variasi/metode, memberikan pujian yang wajar, memberikan
penilaian, berikan komentar dari hasil siswa, ciptakan persaingan dan kerjasama.

Kata kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:30
Last Modified: 04 Jun 2024 03:33
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item