:Strategi Pemerintah Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Dalam Pengoptimalan Pelayanan Publik Terpadu Drive Thru

Hasan, Alvian Vandi (2023) :Strategi Pemerintah Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Dalam Pengoptimalan Pelayanan Publik Terpadu Drive Thru. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Alfian Vandi Hasan 105190021 Ilmu Pemerintahan Skripsi Alfian revisi-5 watermark_compressed (1) - Perpustakaan UIN Sutha Jambi.pdf] Text
Alfian Vandi Hasan 105190021 Ilmu Pemerintahan Skripsi Alfian revisi-5 watermark_compressed (1) - Perpustakaan UIN Sutha Jambi.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik di Indonesia mempunyai peranan penting dalam mpeningkatkan
kualitas hidup. Kualitas pelayanan publik harus menyesuaikan dengan tuntutan
masyarakat. Di masa pendemi Covid-19, terjadi inovasi dalam pelayanan publik
di Indonesia, yang salah satunya mengadopsi system Drive Thru. Penelitian ini
menggambar strategi pelayanan Drive thru Kecamatan Cisauk dalam penerapan
prinsip kebijakan pelayanan public dan trend pemanfaatan. Studi ini dilakukan di
Kecamatan Cisauk dengan pendekatan kualitatif pendekatan kualitatif dengan
pengumpulan berupa Sumber data primer diperoleh berdasarkan hasil penelitian
lapangan seperti observasi dan wawancara dari sejumlah informan yang berkaitan
Sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh dan dikumpulkan
oleh peneliti sebagai penunjang dalam penulisan Skripsi. Penelitian ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan drive thru adalah bagian dari inovasi
dalam pelayanan publik di Kecamatan Cisauk di masa Covid 19. Layanan ini
dinilai cukup efektif di masa pendemi karena pada masa pandemi Covid 19 dibuat
untuk mengurai antrian agar tidak ada penumpukan kerumunan masyarakat untuk
mencegah terkait dengan virus caranya tidak harus proses dokumen di dalam
loket bisa membawa kendaraan ke loket Drive Thru yang memiliki dua loket
untuk loket satu itu untuk penerimaan dokumen untuk loket dua untuk
pengambilan dokumen Temuan lainya adalah trend penggunaaan layanan sudah
berlangsung sejak bulan April tahun 2021 hingga saat ini. Pada awal Juni 2021,
bulan perdananya sudah mampu mengurangi antrian di loket dalam pelayanan
kantor kecamatan trend pengguna Drive Thru Tahun 2021-2022, Naik turun nya
trend pengguna Layanan ini karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan
Masyarakat (PPKM) sudah mulai pelongaran dan saat ini juga Pemberlakuan
PPKM dihapuskan Tahun ini maka Pelayanan Kecamatan Melayani dua tempat
yaitu di loket dalam dan loket Drive Thru .
Kata Kunci : Drive Thru , Pelayanan, Strategi, efektifitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:33
Last Modified: 04 Jun 2024 03:33
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item
View Item