Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah rahmatullah

Susanti, Susanti (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah rahmatullah. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI SUSANTI2Watermark_compressed - Dea Ananda Saputri.pdf] Text
SKRIPSI SUSANTI2Watermark_compressed - Dea Ananda Saputri.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah 1) siswa masih kurang
memahami konsep materi yang di ajarkan yang mendasar tentang maksud dari
suatu soal atau masalah kontekstual, 2)siswa kurang terampil dalam
menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang sistematis, 3) rendahnya hasil
belajar matematika yang diperoleh siswa pada setiap kelas yang sebagian besar
siswanya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini
bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based
learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah
rahmatullah.penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi eksperimen dengan desain penelitian pretes posttest control group design.
Subjek penelitian yaitu kelas VA terdiri dari 25 siswa dan kelas VB terdiri dari 25
siswa MI rahmatullah. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan yaitu soal
tes uraian sebanyak 10 soal.teknis analisis data yang digunkan yaitu uji
normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah melakukan perhitungan analisis data menggunakan spss versi 21 terdapat
pengaruh yang signifikansi antara nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest)
menggunakan model problem based learning dengan berdasarkan hasil
perhitungan uji t. di peroleh nilai thitung 12,970 dan ttabel 1,677, yang berarti t hitung >
t tabel, nilai rata-rata siswa kelas eksperiman 84,40 dan nilai rat-rata kelas control
69,20 maka Ho di tolak dan HI

di terima. Berdasarkan hasil di simpulkan bahwa
model problem based learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas V madrasah ibtidaiyah rahmatullah.
Kata kunci : pengaruh,problem based learning,hasil belajar,matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:29
Last Modified: 03 Jun 2024 07:29
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item