Juliyanti, Efrina (2023) “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 9 Sarolangun”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
EFRINA JULIYATI 203190032 IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP N9 SAROLANGUN 2 - Efrina Juliyati.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi supervisi akademik kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 9 sarolangun.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (reduction),
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Penelitian
menemukan bahwa implementasi supervisi akademik kepala sekolah sebagai
supervisior atau pengawas sudah melaksanakan supervisi akademik secara demokratis
dalam pelaksanaannya, pertama, seperti membuat perencanaan supervisi akademik,
melakukan musyawarah atau rapat terhadap guru-guru yang akan disupervisi. Kedua,
supervisi yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan mengadakan kunjungan kelas
kepada guru yang akan disupervisi dan melakukan observasi dari proses pembelajaran
guru tersebut dan menilai kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Ketiga, faktor
penghambat dalam proses pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala
sekolah yaitu kurangnya persiapan guru dan kurangnya media pembelajaran dalam
pelaksanaan proses pembelajaran.
Kata kunci : Implementasi, Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 06:55 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 06:55 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/684 |