Penerapan Model Pembelajaran Cycle Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Fiqih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren.

Lestari, Puput Ahsani (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cycle Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Fiqih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran cycle learning pada pembelajaran fiqih
kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) Dengan menggunakan model
Kemmis & Mc Tanggart yang terdiri dari kegiatan perencanaan,
pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus.
Sedangkan dari teknik pengumpulan data yang yaitu menggunakan teknik
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek penelitian dilakukan pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Yaqin Sungai Duren yang mana berjumlah 25 siswa. Pada saat melakukan
prasiklus atau sebelumnya dilakukan tindakan hasil belajar siswa dapat
diperoleh bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa 62,4% dengan katagori
masih rendah, setelah dilakukan tindakan siklus I skor nilai hasil belajar siswa
menjadi 74,7% dengan kategori mendekati tuntas. Dan meningkat sangat
signifikan pada siklus II dengan skor nilai hasil belajar siswa menjadi 87,3%
dengan kategori tuntas. Pada Hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar
guru menerapkan model pembelajaran cycle learning pada kegiatan
pembelajaran fiqih.
Kata Kunci : Model Pmbelajaran Cycle Learnig, Hasil Belajar, Pembelajaran
Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:51
Last Modified: 17 Oct 2024 04:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item
View Item