Implementasi Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi

Febriana Ritonga, Meuthiya (2023) Implementasi Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of MEUTHIYA FEBRIANA RITONGA [SKRIPSI] - Meuthiya Febriana.pdf] Text
MEUTHIYA FEBRIANA RITONGA [SKRIPSI] - Meuthiya Febriana.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini memebahas tentang Implementasi Multimedia Interaktif Pada
Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
pembelajran akidah akhlak yang ada pada sekolah MTs Negeri 5 Kota Jambi dan
untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran dalam menerapkan multimedia
interaktif sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah Madrasah
Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambijenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Sekolah,
Guru Akidah Akhlak dan siswa di MTs 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber datanya dari primer dan
skunder. Teknik Analisis Data menggunakan Redukasi data, Penyajian data dan
verification. Dari hasil penelitian menunjukkan 1). Implementasi multimedia
interaktif pada pembelajaran akidah akhlak sangat membantu guru dalm
melakukan proses pemebjaran sehingga suasana kelas lebih aktif dan menarik
bagi siswa. 2). Faktor pendukung dalam pembelajaran akidah akhlak melalui
Implementasi Multimedia Interaktif karna adanya fasilitas yang mendukung,
penguasaan materi oleh guru dan keaktifan guru dalam menyampaikan materi.
Sedangkan faktor penghambat karna kurangnya fasilitas yang tersedia dan kendala
teknis seperti matinya listrik ketika pembelajaran 3). Implementasi multimedia
interaktif pada materi akidah akhlak memberikan hasil pemahaman siswa
meningkat karena adanya keterlibatan siswa dalam peroses pembelajaran tersebut,
hal ini terbukti dengan evaluasi hasil yang dilakukan oleh guru.
Kata kunci : Implementasi, Multimedia, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:03
Last Modified: 03 Jun 2024 04:03
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item
View Item