“Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Disiplin Dan Akhlakul Karimah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi”.

Maharani, Tiara (2023) “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Disiplin Dan Akhlakul Karimah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TIARA MAHARANI 201190338 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN DAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI - Nurul Faizah.pdf] Text
TIARA MAHARANI 201190338 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN DAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI - Nurul Faizah.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor mengenai: Peran guru Pendidikan
Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam,
dan keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam dalam membentuk sikap
disiplin dan akhlakul karimah pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Data primer Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi,
Guru Pendidikan Agama Islam dan juga siswa. Adapun data sekunder dari
pengamatan ini yaitu yang ada relevansinya dengan penelitian. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara, dan dokumentasi.
Teknik pengolahan dan analisis data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap
disiplin dan akhlakul karimah Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi
yaitu: Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dan pengajar,
pembimbing, fasilitator, motivator, dan evaluator. Faktor pendukung yaitu;
Lingkungan sekolah yang aman, paraturan tata tertib lengkap, Fasilitas sekolah
yang baik dan dorongan atau motivasi dari para guru. Faktor penghambat yaitu;
Keterbatasan dalam pelaksanaan pembelajaran keagaamaan, kurangnya motivasi
beribadah, kurangnya motivasi belajar dan lingkungan luar yang memberikan
pengaruh kurang baik. Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam
membangun sikap disiplin dan akhlakul karimah pada siswa sudah tampak dengan
beberapa hal pada siswa seperti tingkat kedisiplinan siswa saat ini sudah sangat
baik, hal ini bisa dilihat dari jumlah siswa yang terlambat datang ke sekolah yang
semakin berkurang dan kedisiplinan terhadap peraturan sekolah. Selanjutnya juga
dapat dilihat dari berjalannya beberapa program keagamaan dalam menanamkan
akhlakul karimah bagi para siswa.
Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Sikap Disiplin, Akhlakul
Karimah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:50
Last Modified: 03 Jun 2024 03:50
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item
View Item