Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tebo

Herlina S., Yuni (2023) Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas XI IPA Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Tebo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Yuni Herlina S. 207190098-2 - Yuni Herlina.pdf] Text
Yuni Herlina S. 207190098-2 - Yuni Herlina.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

P
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik
siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Kabupaten Tebo. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru di dalam kelas, dan peneliti
juga melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari
siklus I, II dan III menunjukkan adanya peningkatan kemampuan psikomotorik
siswa yang didapat setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata kemampuan

psikomotorik tiap aspek yaitu siklus I pada aspek penggunaan zat dan bahan rata-
rata 28,5 %, meningkat pada siklus II 74,1 %, dan mengalami peningkatan yang

signifikan pada siklus III mencapai rata-rata 87,3 %. Kemampuan psikomotorik
siklus I pada aspek pengoperasian atau merakit alat rata-rata 32,6 %, meningkat
pada siklus II 69,1 %, dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III
mencapai rata-rata 86,4 %.
Kemampuan psikomotorik siklus I pada aspek menggunakan alat ukur
rata-rata 28,6 %, meningkat pada siklus II 77,7 %, dan mengalami peningkatan
yang signifikan pada siklus III mencapai rata-rata 86,6 %. Kemampuan
psikomotorik siklus I pada aspek keterampilan dalam praktikum rata-rata 30,8 %,
meningkat pada siklus II 78,9 %, dan mengalami peningkatan yang signifikan
pada siklus III mencapai rata-rata 87,3 %. Kemampuan psikomotorik siklus I pada
aspek menganalisis masalah rata-rata 30,5 %, meningkat pada siklus II 72,7 %,
dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III mencapai rata-rata
85,5%.

Kata Kunci: Metode Praktikum, Kemampuan Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: editor
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:28
Last Modified: 03 Jun 2024 03:28
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item
View Item