Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135/IV Kota Jambi

Puspita, Dede (2023) Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135/IV Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Dede Puspita 204190035 Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135 Kota Jambi - Dede Puspita.pdf] Text
Dede Puspita 204190035 Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135 Kota Jambi - Dede Puspita.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu
berupaya mencegah kerusakan alam serta mengembangkan upaya-upaya untuk
memeperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Pendidikan SD/MI memiliki
peranan penting dalam meningkatkan sikap kepedulian terhadap lingkungan,
ditanamankan sebagai penguatan karakter sejalan dengan kurikulum 2013 yaitu
tematik terpadu sebagai mengintegrasikan materi pembelajaran. Permasalahan
yang dihadapi di SDN 135/IV Kota Jambi ini adalah kurangnya sikap keperdulian
siswa terhadap lingkungan dengan memperoleh hasil Pra-Siklus 7,14% hal
tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa membuang sampah sembarangan dan
adanya sampah yang berserakan di sekitar kelas. Maka dari itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah mengimplementasikan model
pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang dapat meningkatkan sikap
kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas dan fokus penelitian pada kelas IV berjumlah 28 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sikap kepedulian siswa
terhadap lingkungan dengan mengimplementasikan model Sains Teknologi
Masyarakat (STM) pada pembelajaran tematik diperoleh hasil persentase sikap
kepedulian siswa terhadap lingkungan siklus I 42,86% dan siklus II 89,29%. Serta
terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus I 58,33% dan siklus II
89,16% dan juga berupa peningkatan hasil post-tes siswa siklus I 53,57% dan
post-test siklus II 85,71%.
Kata Kunci:

Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Model
Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada
Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 135/IV Kota Jambi

Sikap Peduli Lingkungan, Sains Teknologi Masyarakat (STM),
Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: editor
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:24
Last Modified: 03 Jun 2024 03:24
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item