Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Quhas Kindergarten Kota Jambi

Rahmadahnia Ananda, Dea (2023) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Quhas Kindergarten Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap perkembangan sosial emosional
anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode Non Eksperimen, adapun desain penelitiannya menggunakan One Group
Pre-Test Post-Test Design dan teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh
peneliti yaitu Systematic Random Sampling. Untuk teknik analisis data, peneliti
menggunakan Uji Normalitas Shapiro Wilk dan uji hipotesi dengan Uji T.
Penelitian ini dilaksanakan pada Raudhatul Athfal Quhas Kindergarten Kota
Jambi, dengan sampel berjumlah 12 anak, melalui instrumen penelitian berupa
kuesioner yang dikirimkan ke guru wali kelas Ihsan. Dari hasil penelitian pada
taraf signifikan 5% didapat bahwa nilai r hitung (0,930117949). Berdasarkan hasil
tersebut, maka dapat diketahui bahwa r hitung (0,930117949) > r tabel (0,859).
Nilai r hitung 0,930117949 berada di kisaran 0,883-0,943 yang menunjukkan
bahwa termasuk dalam kategori kuat. Karena, r hitung lebih besar daripada r tabel,
maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang kuat atau signifikan dalam penerapan kurikulum
merdeka belajar terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di
Raudhatul Athfal Quhas Kindergarten Kota Jambi.

Kata kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Sosial Emotional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:25
Last Modified: 16 Oct 2024 07:23
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item
View Item