Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang.

Yani, Sri Filla (2023) Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SRI FILLA YANI_201180260_PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN JAMBI KOTA SEBERANG_FTK_PAI - Sri fhilla yani.pdf] Text
SRI FILLA YANI_201180260_PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN JAMBI KOTA SEBERANG_FTK_PAI - Sri fhilla yani.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS)
dalam Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Madrasah Aliyah
Nurul Iman Jambi Kota Seberang. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam
pembelajaran kelas XI Putri Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang
mengalami kesulitan dalam memilih bahan ajar yang digunakan dalam
pembelajaran, karena belum lengkapnya bahan ajar yang tersedia baik itu dari
pemerintah maupun dari inisiatif gurunya sendiri. Oleh karena itu guru
memanfaatkan LKS sebagai pelengkap bahan ajar serta membangkitkan minat
siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran kelas XI
Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang. Penelitian ini menggunakan
penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 13 Juni
2022 sampai 28 Juli 2022 di Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih dan siswi kelas XI
Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi Kota Seberang. Sedangkan informannya
adalah Kepala Madrasah dan Wali kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Iman Jambi
Kota Seberang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik
triangulasi sumber. Kemudian analisis data menggunakan analisis model interaktif
data. Hasil penelitian ini adalah Pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih
dengan menggunakan Lembar kerja siswa (LKS) di kelas XI putri, masih ada
siswa yang tidak mampu memahami materi yang terdapat dalam LKS dengan
baik. Pemanfaatan lembar kerja siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa
pada mata pelajaran fiqih yaitu, siswa mampu menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru fiqih yaitu tentang pengertian hudud dan hikmahnya,
menjelaskan apa hukum perbuatan zina, minum minuman keras, mencuri,
menyamun serta menjelaskan hikmah dibalik dilarangnya perbuatan tercela
tersebut mereka mampu menjelaskannya tanpa membuka buku. Kendala dan
upaya pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan pemahaman
siswa mata pelajaran Fiqih di kelas XI MA Nurul Iman Jambi Kota Seberang
yaitu: siswa dalam pembelajaran Fiqih dengan menggunakan LKS dikarenakan
rangkuman materinya terlalu sedikit sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan
soal-soal latihan yang ada dalam LKS serta kurangnya pengetahuan siswa jika
tidak didukung literatur buku lain.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Mata Pelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:59
Last Modified: 03 Jun 2024 02:59
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item