Saputra, Eko Julian (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 9 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang suatu penggunanan model pembelajaran Jigsaw
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Kelas X DKV SMK Negeri 9 Muaro Jambi, penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK), Jenis pendekatan mengunakan pendekatan Mixed
Method. Dalam pengumpulan data mengunakan metode Observasi, Wawancara,
Tes Soal, dan Dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur
aktifitas guru dan siswa setiap persiklusnya. Metode wawancara digunakan untuk
mengetahui pendapat dan gambaran di SMK Negeri 9 Muaro Jambi, metode tes
digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti
pembelajaran mengunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigswa, dan
dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di dalam kelas
pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa,
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X DKV SMK Negeri 9 Muaro Jambi yaitu pada siklus
pertama rata-rata nilai siswa 67,4% dan mengalami peningkatan pada siklus II
menjadi 83,98%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan
model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok
Adab berpakaian menurut syariat Islam dari nilai posttes di setiap siklusnya.
Kata Kunci : Model Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:40 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:57 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/642 |