Kinerja Tenaga Fungsional Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Dalam Memberikan Pelayanan Publik

Febriansyah, Noval Ahyar (2023) Kinerja Tenaga Fungsional Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Dalam Memberikan Pelayanan Publik. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Noval Ahyar Febriansyah - Noval Ahyar Febriansyah.pdf] Text
Skripsi Noval Ahyar Febriansyah - Noval Ahyar Febriansyah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi
Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Tenaga Fungsional
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi dalam Memberikan
Pelayanan Publik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yakni wawancara dan dokumentasi. Realisasi kinerja tenaga
fungsional dalam memberikan pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan
Arsip Daerah Provinsi Jambi dapat dilihat dari lima dimensi, yaitu Tangible
(Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap),
Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Berdasarkan kelima dimensi tersebut,
ada dua dimensi yang belum cukup optimal, yaitu dimensi Reliability
(Kehandalan), berupa fasilitas buku pada perpustakaan daerah tersebut belum
memuaskan masyarakat, serta dimensi Assurance (Jaminan) berupa kemampuan
dan pengetahuan yang dimiliki sumber daya manusia pada perpustakaan daerah
tersebut berkaitan dengan perpustakaan. Hambatan yang dihadapi Dinas
Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi dalam kinerja Tenaga Fungsional
memberikan pelayanan publik meliputi rendahnya sumber daya manusia, fasilitas
perpustakaan masih kurang optimal mulai dari koleksi buku serta perlengkapan
dan peralatan perpustakaan. Adapun upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
Provinsi Jambi dalam kinerja tenaga fungsional memberikan pelayanan publik
yang dilakukan pihak perpustakaan ataupun pengelola perpustakaan adalah
meningkatkan sumber daya manusia baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta
melakukan evaluasi pelayanan, dengan menambah serta meningkatkan fasilitas
baik itu koleksi buku dan fasilitas lainnya.
Kata Kunci : Kinerja, Tenaga Fungsional, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:27
Last Modified: 03 Jun 2024 01:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item
View Item