Analisis Implementasi Kebijakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta didik Baru di SMP N 4 Kota Jambi

Hendi, Ahcmat (2023) Analisis Implementasi Kebijakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta didik Baru di SMP N 4 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of ahcmathendi(203190046)watermark-1 - Ahcmat24 Hen.pdf] Text
ahcmathendi(203190046)watermark-1 - Ahcmat24 Hen.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Zonasi dimaknai sebagai suatu pemerataan pendidikan di sekolah umum, sesuai
dengan fungsi dan tujuan pengelolaan. Dengan sistem ini semua jenjang
pendidikan khususnya sekolah negeri untuk memberikan layanan pendidikan yang
bermutu secara merata bagi masyarakat pada suatu area atau kawasan tertentu.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kebijakan zonasi
dalam PPDB yang telah ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi.
dan untuk mengetahui Pengaruh dalam kebijakan zonasi di masyarakat dan pihak
tenaga pendidik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala
sekolah, waka kesiswaan, kepala koordinator TU, guru wali kelas dan salah satu
perwakilan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam
menjalankan kebijakan zonasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota
Jambi ini memiliki aplikasi yang memiliki GPS menentukan zona terdekat calon
siswa, website pendaftaran dan ada juga kepanitiaan, terjadinya PPDB secara
online, di dalam menentukan kelulusan murni dengan jarak, dan ada juga
kepanitiaan juga. Penolakan dan kendala seperti tidak adanya sosialisasi sehingga
masyarakat kurang paham, dan pihak tenaga pendidik sekolah kurang puas karena
tidak memiliki uji kelayakan calon siswa yang di terima. Adapun efektivitas yang
sangat bagus dari kebijakan zonasi ini efektif dalam pendaftaran, kebijakan zonasi
ini tidak ada yang memiliki kesenjangan dari kasta perekonomian, semua
memiliki kesempatan yang sama untuk di terima nya di sekolah umum. Dan dari
kebijakan zonasi ini lah sekolah ini sangat merata, tidak ada sekolah yang di
golongkan favorit dan non favorit pun bisa berkembang dan tidak kekurangan
peserta didik.
Kata Kunci : Implementasi, Zonasi, Penerimaan Peserta Didik Baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 08:45
Last Modified: 31 May 2024 08:45
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item
View Item