Fitri, Desrifa (2023) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas
VII C di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan guru mata pelajaran Akidah
Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan
dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang meliputi: (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan
keaktifan belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada
pra siklus skor nilai keaktifan siswa sebesar 2,7 dengan persentase 54%
dikategorikan “kurang aktif” kemudian pada siklus I sebesar 3,4 dengan
persentase 68% dikategorikan “cukup aktif” dan keaktifan siswa pada siklus II
sebesar 4,2 dengan persentase 84% dikategorikan “aktif”. Dengan demikian hasil
penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi telah tercapai dengan
baik.
Kata Kunci: Keaktifan belajar, Picture and Picture, Pembelajaran Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 08:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:36 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/629 |