Fitriyani, Fitriyani (2023) Penerapan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kognitif Belajar Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Rahmatullah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan
kognitif dengan menggunakan media tangram pada pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang diarahkan untuk mengetahu
seberapa besar peningkatan kognitif dengan menggunakan media tangram pada
pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidiyah
Rahmatullah Kota Jambi pada semester genap kelas IVB yang berjumlah 23 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam aspek peningkatan kognitif siswa
dalam mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi,
membuat serta melakukan praktek uji coba dengan menggunakan media tangram
pada pembelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan
kemampuan kognitif siswa kelas IVB, diperoleh persentase ketuntasan peningkatan
kognitif dengan menggunakan media tangram siswa pada pra siklus dengan
persentase 13,18% , Siklus I 47.82%, dan Siklus II 86,95% %. Serta terjadinya
peningkatan pada aktivitas guru dan siswa Siklus I dengan persentase 66,42%
Siklus II 90,70% dan ada peningkatan terhadap pemahaman materi pada post test
Siklus I dengan persentase69,56 % Siklus II 86,95%.
Kata Kunci : Media Tangram, Matematika, Bangun datar, Kognitif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 08:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:21 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/627 |