Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar IPA Terpadu Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi

Akbar, Muhammad (2023) Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar IPA Terpadu Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Muhammad Akbar 207190105 Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar - Muhammad Akbar.pdf] Text
Muhammad Akbar 207190105 Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar - Muhammad Akbar.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan ice breaking
terhadap minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kota Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen
dan desain posttest only control grup design, dengan teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 19 kota jambi, dan sampel pada penelitian ini adalah
kelas VII D berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E dengan
siswa berjumlah 33 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan uji “t”
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan
perlakuan ice breaking dan kelas yang tidak diberikan ice breaking pada
pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi yaitu dengan nilai uji-t
independent sample test sebesar 0,000  0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho
ditolak, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar pada kelas
VII D dan VII E, peneliti juga melakukan perhitungan uji pengaruh effect size
menggunakan cohen’s nilainya 1,185 termasuk kedalam ukuran efek tinggi.
Kata kunci: Minat, Ice Breaking, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 08:29
Last Modified: 31 May 2024 08:29
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item