Zaharani, Arum (2023) Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA terpadu siswa
kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membuktikan pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan
untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil
belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 17 Kota Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi
eksperimen dan desain post-test only control group design, sedangkan
pengumpulan data dilakukan dengan teknik test berupa pilihan ganda dan
dianalisis dengan uji t dan uji pengaruh effect size menggunakan cohen’s.
Berdasarkan hasil uji “t” peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 17 Kota Jambi yaitu dengan
nilai uji-t independent samples test sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima
dan Ho ditolak. Peneliti juga menemukan hasil perhitungan uji pengaruh effect
size menggunakan cohen's nilainya yaitu 2,637 termasuk ke dalam ukuran efek
tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kota Jambi.
Kata kunci: Hasil Belajar, Teknik, Ice Breaking.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 08:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/625 |