Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi.

Oktafiana, Fia (2023) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Skripsi Finishing Fia Oktafiana Fix fix yuhuu - Fia Oktafiana.pdf] Text
Skripsi Finishing Fia Oktafiana Fix fix yuhuu - Fia Oktafiana.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Perhatian Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah
Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batanghari Kecamatan Muara Tembesi,
guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, wali kelas VII.1 dan wali kelas VII.3, dan
juga siswa kelas VII.1, dan juga siswa kelas VII.3. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah Angket, dan Dokumentasi. Teknik pengolahan dan
analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan yaitu uji
validitas, uji regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil uji validitas
angket yaitu semua item pernyataan yang terdapat pada variabel perhatian

orangtua sudah memenuhi uji validitas dimana hal ini terlihat dari perolehan r-
hitung lebih lebih besar dari r-tabel. Sedangkan pada uji regresi linier sederhana

ditemukan hasil apabila terjadi peningkatan 1 satuan variabel perhatian orangtua,
maka akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 1,458. Dan untuk koefisisen
determinasi ditemukan hasil besaran angka koefisien determinasi sebesar 0,163,
dan data ini dapat diinterpretasikan bahwa 2,7% variasi perubahan pada variabel
perhatian orangtua sedangkan sisanya sebesar 97,3% dipengaruhi oleh variabel
lain diluar model penelitian ini. Pada penelitian ini terdapat pengaruh perhatian
orang tua terhadap hasil belajar siswa akan tetapi pengaruhnya tidak signifikan.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Al-
Qur’an Hadis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 31 May 2024 07:47
Last Modified: 31 May 2024 07:47
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item
View Item