M Ardani, M Ardani (2023) Pengaruh Transparansi Dan Pelayanan Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Baznas Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Zakat adalah bentuk ibadah yang berfungsi sebagai alat pemerataan pendapatan
dalam masyarakat untuk mengurangi kesenjangan antara orang yang
berkecukupan dengan orang yang kekurangan. Salah satu organisasi pengelolaan
zakat yang dibentuk pemerintah yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
Inti dari permasalahan zakat selama ini dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian,
yakni muzakki, pengelola dan pengawas (masyarakat itu sendiri).Transparansi
diperlukan dalam mengelola zakat, karena jika tidak ada transparansi dalam
pengelolaan zakat tersebut, bukan tidak mungkin berkurangnya minat muzakki
membayar zakat, karena muzakki beranggapan bahwa pengelolaan zakat
dilakukan secara tidak transparan. Selain itu, dibutuhkan pula kualitas pelayanan
yang baik dalam pengelolaan zakat agar minat muzakki tersebut muncul terhadap
pengelolaan zakat. Teori umum pengaruh transparansi dan kualitas pelayanan
terhadap minat muzakki adalah agency theory (teori keagenan). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh transparansi dan kualitas
pelayanan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat di baznas Kota Jambi
serta pengaruh transparansi dan kualitas pelayanan terhadap minat muzakki dalam
membayar zakat di baznas Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden
dengan teknik simpel random sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung
spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh transparansi dan
kualitas pelayanan serta pengaruh transparansi dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki dalam membayar
zakat di baznas kota jambi. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini
variabel-variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik
penelitian ini berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, dan tidak terjadi
heteroskedastisitas.
Kata Kunci : Transparansi, Pelayanan, Minat Muzakki.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:50 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/605 |