Istiqomah, Istiqomah (2023) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Holistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Nusa Serasan. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa penerapan pendekatan
holistic dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas
IV di SD Negeri 1 Nusa Serasan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Post-test
Design. Sampel yang digunanakan dalam penelitian ini berjumlah siswa 22 orang.
Dimana semua sampel tersebut menjadi kelompok eksperimen sesuai dengan
desain penelitian yang peneliti gunakan. Proses pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan soal tes yang berupa pillihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian
yanng di peroleh dapat peneliti simpulkan bahwa penerapan pendekatan
pembelajaran holistik dapat meningakatkan hasil belajar Temati pembelajaran IPA
khususnya materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada kelas IV SD Negeri
1 Nusa Serasan. Jadi dapat dibuktikan pada hasil penelitian yang dilakukan pada
tiap-tiap siklus. Pada siklus I di peroleh siswa yang tuntas sebanyak 10 dengan nilai
rata-rata 54,09. Pada siklus II diperoleh siswa yanng tuntas sebanyak 19 dengan
nilai rata-rata 86,8 peningkatan hasil belajar tersebut mengidentifikasi adanya
peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas selama proses
pembelajaran berlansung. Penerapan pendekatan pembelajaran hollistik juga dapat
meningkatakan aktivitas siswa dalam setiap siklus.
Kata Kunci: Pembelajaran Holistik, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:26 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/604 |