Penerapan Pendekatan MIKiR untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi

Melisah, Melisah (2023) Penerapan Pendekatan MIKiR untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pendekatan MIKiR untuk
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial
di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode dari Kemmis & Mc Taggart
yang terdiri dari perencanaan, Tindakan dan observasi, refleksi. Sedangkan untuk
pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat
belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial dengan menerapkan
pendekatan MIKiR pada kelas IV B Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota
Jambi. Hasil penelitian menunjukkan dalam menerapkan pendekatan MIKiR dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Pada siklus I aktivitas guru
dan siswa sebesar 68,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 26% menjadi 94,5%.
Sedangkan pada minat belajar siswa dapat dilihat dari evaluasi siklus I dan siklus II,
dengan nilai indikator minat belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan meningkat
pada siklus II sebesar 32% menjadi 92%. Peningkatan indikator tertinggi terjadi pada
indikator perasaan senang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar
siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial dapat meningkat melalui
penerapan pendekatan MIKiR.
Kata
Kunci: Pendekatan MIKiR, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial (IPAS).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 07:43
Last Modified: 17 Oct 2024 04:34
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item