Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sekolah Dasar Negeri Nomor 33/IX Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi.

Sari, Rts Nanda (2023) Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sekolah Dasar Negeri Nomor 33/IX Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Rts Nanda Sari (204190103)  - Rts Nanda.pdf] Text
Rts Nanda Sari (204190103) - Rts Nanda.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa, faktor penyebab
dan solusi untuk meminimalisir dalam menyelesaikan soal matematika pada kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 33/IX Penyengat Olak. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan
pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.
Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan waktu untuk menguji keabsahan
data. Subjek penelitian menggunakan snawball sampling, dipilih 5 subjek
penelitian yang memiliki kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi
bilangan bulat, penelitian ini menggunakan teori nolting untuk melihat kesalahan
yang dilakukan siswa,diantaranya; kesalahan ceroboh (careless errors), kesalahan
konsep (concept errors), konsep penerapan (aplication errors) dan kesalahan saat
tes ( test taking errors). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cenderung
melakukan kesalahan penerapan dan kesalahan saat tes yaitu sebanyak 21 kali,
kesalahan ceroboh sebanyak 16 kali sedangkan kesalahan pada konsep masih
tergolong rendah yaitu 10 kali siswa banyak melakukan kesalahan. Adapun faktor
penyebab kesalahan siswa dalam penelitian ini dalam menyelesaikan soal
bilangan bulat yaitu, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika,
kesulitan memahami masalah dalam soal matematika, lupa tidak teliti dan
tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Kemudian solusi untuk mengatasi
kesalahan siswa yaitu, memperbanyak latihan mengerjakan soal bilangan bulat,
menerapkan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika, serta
memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.
Kata kunci : Kesalahan siswa, Bilangan bulat, Teori Nolting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 22 May 2024 03:34
Last Modified: 22 May 2024 03:34
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item
View Item