Hopmadia, Rizky (2023) Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengehtahuan Alam (IPA) Terpadu Kelas VII Di MTs Al-Ihsaniyah Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Biologi
yang ditunjukkan dengan persentase sebesar 42,61% pada kelas VII2
dari 20 siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) kelas VII2 MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung Kabupaten
Muaro Jambi melalui penerapan model pembelajaran Argument
Driven Inquiry (ADI). Metode penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang di adopsi dari Model Mc Taggart dengan
tahapan siklus, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes
formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan
non test. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Argument Driven Inquiry (ADI) dapat meningkatkan hasil belajar
Biologi dan aktivitas siswa. Berdasarkan data setelah menenerapan
model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII2
MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung . Dengan rata-rata yang
diperolah pada siklus I yaitu pada siklus pertama pertemuan I 66.84%
dan pertemuan II 71.84% dengan persentase hasil tes soal polihan ganda
57.75%. Pada siklus ke II diperoleh nilai rata- rata pertemuan III
80.52%,dan pertemuan IV 85.78% serta nilai tes 86%
Kata kunci: Model PembelajaranArgument Driven Inquiri (ADI),
HasilBelajar,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:49 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:54 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/586 |