Zulfa, Maimanatuz (2023) Penerapan Metode Yanbu’a Terhadap Tata Cara Membaca Al- Qur’an Santri di Pondok Pesantren Assalamah 45 Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode
Yanbu’a terhadap tata cara membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren
Assalamah 45 Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun
Provinsi Jambi. Adapun untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Yanbu’a
di Pondok Pesantren Assalamah 45, maka peneliti merumuskan masalah utama
yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan metode
Yanbu’a dalam ilmu tajwid di Pondok Pesantren Assalamah 45 2). Apa kendala
guru dalam penerapan metode Yanbu’a terhadap tata cara membaca Al-Qur’an
santri di Pondok Pesantren Assalamah 45 3). Bagaimana upaya dalam mengatasi
kendala penerapan metode Yanbu’a terhadap tata cara membaca Al-Qur’an santri
di Pondok Pesantren Assalamah 45 . penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskriptif, dengan tehnik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan
Pondok Pesantren, Ustadz dan Ustadzah pengajar metode Yanbu’a dan Santriwati.
Teknik amalisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1).
Penerapan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Assalamah disampaikan dengan
dua cara yaitu klasikan dan sorogan. Pelaksanaannya di lakukan setiap setelah
shubuh dan isya’. Adapun evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari, setiap
kenaikan jilid dan akhir. 2). Kendala dalam penerapan metode Yanbu’a dengan
cara klasikal dan sorogan di Pondok Pesantren Assalamah 45 adalah kemampuan
yang berbeda, malu, kurangnya fasilitas yang memadai, santri mengantuk dan
malas mengulang pelajaran. 3). Upaya-upaya guru dalam mengatasi kendala yaitu
belajar berkelompok, menumbuhkan rasa percaya diri, pembelajaran di luar
ruangan, tunjuk dadakan dan memberi waktu tambahan.
Kata Kunci: Metode Yanbu’a, tata cara membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:06 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/581 |