Masita, Masita (2023) Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di SMPIT Darul Akhlak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa
dengan menerapkan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer
(CQGA) di kelas VII SMPIT Darul Akhlak Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Januari
2023 sampai dengan 02 Februari 2023. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang
berjumlah 17 orang siswa. Prameter yang diukur adalah hasil belajar siswa yang
berupa pencapaian dan peningkatan nilai kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
setelah mengikuti proses kegiatan pembelajaran fiqih dikelas. Analisis data yang
digunakan secara deksriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu dengan
aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 10
atau 58,83% orang siswa yang belum mencapai KKM dan 7 atau 41,17% orang
yang mencapai KKM. Pada siklus I KKM siswa sedikit meningkat menjadi 11
atau 64,70% orang siswa tuntas, dan yang tidak tuntas berjumlah 6 orang atau
35,29% dan pada siklus II sangat meningkat menjadi 15 atau 88,23% orang siswa
yang tuntas, yang tidak tuntas hanya 2 atau 11,17% orang siswa. Dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer dapat
meningkatkan hasil belajar fiqih siswa dikelas VIII SMPIT Darul Akhlak
Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Kata Kunci: Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:36 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:55 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/580 |