Implementasi Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Hidayatul Muhajirin Pelepat Ilir, Bungo

Azizah, Latifah Nur (2023) Implementasi Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Hidayatul Muhajirin Pelepat Ilir, Bungo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajran merupakan interaksi aktif antar guru dengan murid dan sumber belajar
pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim adalah
pembelajaran yang biasa dilakukan di pondok pesantren atau majlis yang materinya
diambil dari kitab Ta’lim Muta’allim. Kitab Ta’lim Muta’allim sendiri merupakan
kitab kuning yang membahas mengenai akhlak dan adab seorang pelajar dalam
proses mencari ilmu. Dengan mengkaji, mempelajari dan mengamalkannya maka
akan mendapat banyak kebaikan. Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di pondok
pesantren biasanya menggunakan metode salaf atau tradisional seperti metode
sorogan, bandongan, musyawarah, hafalan dan lain sebagainya. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim di Pondok Pesantren Hidyatul Muhajirin Pelepat Ilir, Bungo. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi derta dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa impementasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren
Hidayatul Muhajirin menggunakan tiga metode belajar yaitu bandongan, sorogan
dan musyawarah. Ketiga metode tersebut dimaksudkan agar guru mudah dalam
menyampaikan materi dan murid dapat memahami yang disampaikan oleh guru.
metode tersebut juga dinilai mampu meraih capaian belajar yang telah dirancang
sebelumnya.
Kata Kunci : Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 03:22
Last Modified: 17 Oct 2024 05:27
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item
View Item