Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Menggunakan Papan Reward Di Kelas II SDN 106/VI Pulau Terbakar Merangin.

Astuti, Rita (2023) Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Menggunakan Papan Reward Di Kelas II SDN 106/VI Pulau Terbakar Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai karakter disiplin siswa kelas II
SDN 106/VI Pulau Terbakar yang masih rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Hal
tersebut dilihat dari masih banyaknya siswa yang ribut di dalam kelas, tidak
mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran, dan mengerjakan tugas
tidak tepat waktu. Sehingga dibutuhkan metode untuk meningkatkan nilai disiplin
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan papan reward
untuk meningkatkan nilai karakter disiplin siswa kelas II SDN 106/VI Pulau
Terbakar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 106/VI Pulau
Terbakar kelas II yang berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen non tes berupa lembar observasi, lembar wawancara guru, papan
reward . Teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Teknik analisa data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase dari sikap
disiplin belajar siswa. Sedangkan teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan
untuk menyaring data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter disiplin pada kelas
II Sekolah Dasar, dapat dilihat dari hasil observasi pada pertemuan I siklus I hasil
observasi yaitu 43,75%, pada siklus I pertemuan II terdapat peningkatan sehingga
mendapatkan hasil observasi yaitu 46,25%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I
mendapat hasil observasi yaitu 73,125%, pada siklus II pertemuan II terdapat
peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 85%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa papan reward dapat meningkatkan disiplin
peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dilihat dari tindakan pada
siklus ke II sudah mencapai kategori yang diharapkan yaitu sebesar 75%.
Kata Kunci : Media Reward, Karakter Disiplin, PTK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 31 May 2024 03:15
Last Modified: 17 Oct 2024 04:18
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item