Hubungan Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dengan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.3 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Batang Hari

Lisma, Rizka Nabila (2022) Hubungan Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dengan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.3 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Batang Hari. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of RIZKA NABILA LISMA  - Rini Hamdani Wati.pdf] Text
RIZKA NABILA LISMA - Rini Hamdani Wati.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Hubungan Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dengan
Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.3 di Madrasah Tsanawiyah Negeri
3 Batang Hari. Berdasarkan dari hasil obsevasi awal yang ditemukan dilapangan,
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan strategi seperti diskusi, tanya
jawab, dan terkadang menggunakan metode indeks card dalam pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam yang sedikit membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada hubungan antara Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dengan
Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode Penelitian Kuantitatif dimana pada penelitian ini terdiri dari serangkaian
pengujian analisis statistik. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri
3 Kabupaten Batanghari dan yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas VIII.3 dengan
jumlah siswa sebanyak 34 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 18 orang
perempuan. Pada penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Strategi
Reading Aloud dengan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII.3
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Batang Hari dan diperoleh nilai rtabel = 0,339
artinya sangat kuat karena mendekati angka 1 dan korelasi kedua variable besifat
searah. Dan nilai koefisien determinan KP sebesar 4,6656%. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa strategi belajar Reading Aloud dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa yang signifikan dan dapat mengasah kedisiplinan belajar siswa.
Kata Kunci : Strategi Reading Aloud, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 03:15
Last Modified: 31 May 2024 03:15
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item
View Item