Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi

Hengki, Hengki (2023) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Hengki 208173108 Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar - Hengki Firamana.pdf] Text
Hengki 208173108 Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar - Hengki Firamana.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara motivasi
belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI madrasah aliyah
nururrodhiyah kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode Ex Post Facto. Analisis yang digunakan merupakan pearson product
moment. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh dengan
seluruh jumlah populasi merupakan sampel penelitian yang berjumlah 30
siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Lembar Ceklis motivasi
belajar dan dokumentasi nilai hasil ulangan harian siswa. Dari proses perhitungan
ternyata thitung > ttabel atau maka signifikan. Artinya korelasi
variabel X dengan Y atau hubungan antara motivasi dengan hasil belajar terjadi
dengan sesungguhnya bukan karena kebetulan. Selanjutnya peneliti menentukan
koefisien determinasi untuk melihat seberapa besar hubungan antara motivasi
belajar dengan hasil belajar dan diperoleh hasil 91,16% motivasi belajar
mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah
Kota Jambi.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: editor
Date Deposited: 31 May 2024 03:14
Last Modified: 31 May 2024 03:14
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item