“Strategi komunikasi Guru dalam menanamkan nilai-nilai agama terhadap murid: studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Aulia Muara Bulian Kabupaten Batang hari”

Darmawan, Wahyu Budi (2023) “Strategi komunikasi Guru dalam menanamkan nilai-nilai agama terhadap murid: studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Aulia Muara Bulian Kabupaten Batang hari”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Wahyu Budi Darmawan 602180051 Evaluasi Sistem Informasi Akademik di UIN STS Jambi. - M Iqbal Lahmi.pdf] Text
Wahyu Budi Darmawan 602180051 Evaluasi Sistem Informasi Akademik di UIN STS Jambi. - M Iqbal Lahmi.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai agama terhadap anak sangatlah penting. Nilai agama
yang dianut oleh anak, bergantung pada pengaruh orang tua, sekolah dan
lingkungan sekitarnya. Nilai agama dan moral adalah pondasi utama dalam
membentuk karakter seorang manusia. Sekolah dasar islam terpadu Aulia dan guru
mempunyai peran penting sebagai media untuk mengkomunikasikan pesan-pesan
agama terhadap anak muridnya. Strategi komunikasi merupakan salah satu cara
yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai islam terhadap murid,
sehingga seorang murid terbiasa menerapkan nilai nilai agama tanpa adanya
paksaan seperti, menjalankan ibadah sholat ,puasa, bersedekah, dan nilai-nilai
agama yang sesuai dengan syariat islam. Penelitian ini bertujuan. Pertama,

mengetahui strategi komunikasi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-
nilai agama di SDIT Aulia, Muara Bulian. Kedua, meneliti upaya guru dalam

menanamkan nilai-nilai agama pada murid. Ketiga, menganalisis evaluasi guru
dalam melaksanakan strategi komunikasi dalam penanaman nilai-nilai agama
terhadap murid.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif,
dengan teknik mendapatkan data melalui observasi, pada Oktober 2022 selama 30
hari, wawancara dilakukan dengan enam orang informan, dan dokumentasi.
Selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis
Miles & Huberman, yaitu data, penyajian data, dan verifikasi data.
Strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru SDIT Aulia yaitu perumusan
strategi, berupa memahami sasaran khalayak dengan melakukan identifikasi tes
masuk, komunikasi face to face,dalam proses pembelajaran. Dalam penyusunan
pesan guru memberikan motivasi, pengetahuan mendasar hingga pembiasaan dalam
praktek langsung, dan menyampaikan pesan both side issue. Sedangkan, penetapan
metode yang dilakukan guru adalah redundancy, informatif, edukatif, prrsuasif dan
coursive. Dalam penggunaan media guru menggunakan sound system, audio visual
dan Al-Qur’a Implementasi strategi komunikasi guru SDIT Aulia dalam
menanamkan nilai-nilai agama tertuang dalam beberapa program-program yaitu,
shalat dhuha, shalat zuhur berjamaah, tahsin tahfidz qur’an, mabit tahun baru Islam,
tahfidz contest, khotmul qur’an. Dalam proses pelaksanaan strategi komunikasi,
guru menemukan kendala faktor internal yaitu, usia anak yang masih terlalu kecil
dan kemampuan mereka yang berbeda-beda. Sedangkan faktor eksternal yaitu,
lingkungan luar sekolah dan ketidakselarasan pendidikan di rumah dengan sekolah,
guru melakukan evaluasi pada faktor internal dengan cara melakukan pengulangan
dalam penyampaian informasi dan memberikan metode tertentu dalam mengatasi
kendala tersebut. Sedangkan, evaluasi dalam faktor eksternal, guru mengadakan
komunikasi berkelanjutan dengan orang tua.
Kata kunci : Nilai agama, Strategi Komunikasi, Evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 03:07
Last Modified: 31 May 2024 03:07
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item
View Item