“Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Koginitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Nurul Falah Teluk Pinang Indragiri Hilir Riau”.

Azian, Nurul (2023) “Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Koginitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Nurul Falah Teluk Pinang Indragiri Hilir Riau”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Watermark TESIS Nurul Azian - nurul azian.pdf] Text
Watermark TESIS Nurul Azian - nurul azian.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Metode discovery learning merupakan seuatu metode
pembelajaran yang meberikan kesempatan pada anak untuk menemukan
sendiri hasil akhir dari pembelajaran yang dilakukan secara langsung.
Pembelajaran sains merupakan suatu pembelajaran yang menekankan
pada keterampilan proses ilmiah atau yang dikaitkan dengan cara dan
kegiatan yang dilakukan anak dalam mendapatkan pengetahuan dan
informasi. Perkembangan kognitif ialah proses anak menggunakan pikiran
atau pengetahuannya untuk meningkatkan kemampuan. Adapun
pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan

jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian One-
Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpulan data yang digunakan

ialah observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis digunakan analisis
data dengan uji t. Hasil penelitian ini berupa: adanya pengaruh antara
variabel x1 (metode discovery learning) terhadap variabel y (perkembangan
kognitif). Adanya pengaruh antara variabel x2 (pembelajaran sains)
terhadap variabel y (perkembangan kognitif). Hasil analisis Paired Sample
T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan
kriteria jika nilai signifikan lebih kecil < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Artinya bahwa setelah menerapkan metode discovery learning
dan pembelajaran sains didapati bahwa nilai rata-rata posttest tidak sama
dengan nilai rata-rata pretest secara signifikan atau “terdapat pengaruh
antara metode discovery learning dan pembelajaran sains terhadap
perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Falah Teluk
Pinang”.
Kata Kunci: Metode discovery learning, pembelajaran sains, dan

perkembangan kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: editor
Date Deposited: 31 May 2024 03:09
Last Modified: 31 May 2024 03:09
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item