Destriana, Destriana (2023) Blended Learning of English Subjects during the pandemic: The Study at Alfis Islamic Private Junior High School in Jambi. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan Blended Learning of English
Subject after The pandemic Crisis: The Study at an Islamic Private
Junior High School in Jambi. Studi ini menjelaskan praktik pengajaran
blended learning terutama pada strategi pengajaran dan penggunaan
teknologi dalam pengajaran. Studi ini juga mengeksplorasi faktor
pendukung dan penghambat pengajaran bahasa inggris melalui blended
learning.
Studi ini menjelaskan bahawa guru menggunakan integrasi teknologi
dalam mengajar bahasa inggris melalui blended learning. Guru yang
menggunakan teknologi dalam pengajaran masih minim terutama ketika
harus mengajar secara online. Pada saat yang sama, guru dipaksa untuk
menguasai bagaimana menggunakan teknologi dalam mengajar
dikarenakan tuntutan kondisi saat ini selama pandemi. Guru juga dituntut
memiliki lebih banyak strategi dalam mengajar melalui blended learning.
Oleh karena itu, guru bahasa inggris harus meningkatkan keterampilan
dalam teknologi dan penggunaan strategi pengajaran melalui blended
learning yang direncanakan dengan baik dalam RPP guru. Di dalam
rancangan pembelajaran, guru mempertimbangkan strategi pembelajaran
seperti pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Namun,
kajian blended learning selama pandemi masih kurang. Studi terakhir lebih
banyak difokuskan pada praktik pembelajaran online di sekolah perkotaan.
Oleh karenanya, masih dibutuhkan untuk mengeksplorasi praktik
pembelajaran campuran di lingkungan sekolah swasta yang bukan di
perkotaan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi
kasus, pengumpulan data secara alami pada sumber data primer. Informan
dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik blended learning di
sekolah Alfis masih dalam proses pencapaian pembelajaran efektif secara
umum. Hal ini berdasarkan temuan para guru bahasa Inggris tertantang
untuk meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan teknologi. Mereka
merencanakan strategi pengajaran sebelum mempraktikkan proses
pembelajaran. Studi ini juga menunjukkan bahwa pengajaran bahasa
Inggris melalui blended learning memiliki beberapa faktor pendukung dan
faktor penghambat. Hal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi baik
secara teori maupun praktik bagi guru dalam mengajar dengan
menggunakan blended learning.
Kata Kunci : blended learning, teaching English, supporting factors.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Tadris Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:35 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/555 |