Azizah, Mutia (2023) Penggunaan Model Pembelajaran problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat tinggi Siswa Kelas IV MI Al-Munawwarah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada era globalisasi di abad ke-21 ini menuntut peran guru untuk
mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa dalam
pembelajaran di sekolah. Namun, Kenyataannya bahwa belum diketahuinya
kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dimiliki masing-masing siswa,
Hal ini disebabkan guru jarang melakukan pembelajaran dengan model
pembelajaran yang menarik sehingga siswa kurang terbiasa untuk menyelsai kan
permasalahan dan berfikir. Model pembelajaran Problem Based Learning
merupakan solusi untuk menjadi perantara siswa dalam meningkat kan
kemampuan berfikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Tujuan dari penelitian ini
adalah agar terjadinya peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berfikir tingkat tinggi siswa
pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning, terlihat aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan. Siklus I dengan persentase 64% dan siklus II 90%.
Obeservasi juga dilakukan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
diperoleh hasil pada siklus I 68,1 dan siklus II 81,9%. Sedangkan pada nilai
posttest siswa diperoleh hasil padaa siklus I 59% dan siklus II 81,9%.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan berfikir tingkat
tinggi Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:19 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/55 |