Penerapan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Untuk meningkatkan keterampilan menyimak Dongeng Siswa MIN 03 Muaro Jambi

Safitri, Eca (2023) Penerapan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Untuk meningkatkan keterampilan menyimak Dongeng Siswa MIN 03 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 204190076 PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN (HAND PUPPET) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA MIN 03 MUARO JAMBI - akmal saputra.pdf] Text
204190076 PENERAPAN MEDIA BONEKA TANGAN (HAND PUPPET) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA MIN 03 MUARO JAMBI - akmal saputra.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Salah satu bentuk kemampuan dalam bercerita adalah proses menyimak.
Pada umumnya anak SD/MI masih mengalami kesulitan dalam menyimak dan
memahami isi bacaan, kondisi tersebut salah satunya adalah pengaruh dari
rnudahnya kreativitas guru dalam menentukan media pembelajaran. Di sisi lain,
anak masih tidak fokus dan sering berbicara sendiri dengan temannya sehingga
anak tidak berkonsentrasi dan mendengarkan penjelasan dari guru. Fenemona
seperti ini perlu ditemukan alternativ pemecahan permasalahannya. Penelitian ini
memfokuskan pada kmampuan mnyimak dongeng anak kelas II MIN 03 Muaro
jambi. Hasil yang diperoleh pada siklus I sebanyak 44,5 % yang memenuhi KKM
dan pada siklus II yaitu 92,5 % telah memenuhi KKM dan secara klasikal telah
terpenuhi yaitu nilai rata rata yang diperoleh sebesar 86,6 %. Berdasarkan hasil
yang diperoleh dapat disimpulkan bahawa penelitian ini berhasil karena 86,6 %
dari jumlah siswa sudah mencapai nilai minimal yang ditetapkan sehingga
penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Kata Kunci : Media Boneka tangan, Dongeng, Keterampilan menyimak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 02:45
Last Modified: 31 May 2024 02:45
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item
View Item