“Urgensi Humas dalam Mensosialisasikan Pelayanan BPJS di Puskesmas Rimbo Bujang Kab. Tebo”.

Defrianto, Berry (2023) “Urgensi Humas dalam Mensosialisasikan Pelayanan BPJS di Puskesmas Rimbo Bujang Kab. Tebo”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of 501190153 AnalisisPerilakuTokeKelapaSawitDalamPerspektifEtikaBisnisIslamDiDesaBukitIndahKec.MuaraPapalikKab.Tanjab Barat  - Rizca Tri Utami.pdf] Text
501190153 AnalisisPerilakuTokeKelapaSawitDalamPerspektifEtikaBisnisIslamDiDesaBukitIndahKec.MuaraPapalikKab.Tanjab Barat - Rizca Tri Utami.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas Rimbo Bujang Kab. Tebo merupakan salah satu lembaga kesehatan
yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan
kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga Puskesmas Rimbo Bujang harus
memiliki standar pelayanan yang baik guna mencapai kepuasan masyarakat. Dalam
hal ini, humas memiliki peran yang cukup penting untuk menetapkan dan
mensosialisasikan standar pelayanan BPJS guna mencapai visi dan misi dari
pelayanan BPJS di puskesmas terssebut.
Metode dalam penelitian ini meenggunakan metode desskriptif dengan
pendekatann kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara diinterpretasikan
dengan metode deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah proses layanan BPJS di Puskesmas Rimbo
Bujang dimulai dari tahap pendaftaran, pemeriksaan, perawatan dan pengambilan
obat. Selanjutnya kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Rimbo Bujang Kab. Tebo
dalam upaya meningkatkan layanan BPJS meliputi persebaran kartu BPJS tidak tepat
sasaran, kualitas puskesmas, ketelitian petugas, jarak Rumah Sakit yang terlalu dekat
dan asumsi pasien dan urgensi humas dalam mensosialisasikan program BPJS di
Puskesmas Rimbo Bujang Kab. Tebo meliputi urgensi dalam menjalankan fungsi
humas dengan baik, menyediakan media komunikasi antara pihak Puskesmas dengan
pasien pengguna BPJS, mensosialisasikan penggunaan BPJS melalui kerjasama
dengan pihak BPJS, memperbaiki sistem klaim di Puskesmas Rimbo Bujang dan
membangun citra positif dari pasien terhadap pelayanan BPJS di Puskesmas Rimbo
Bujang. Dari hasil tersebut, maka penulis merekomendasikan kepada Puskesmas
Rimbo Bujang untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien
pengguna BPJS agar asumsi masyarakat terhadap kurang optimalnya layanan BPJS
dapat dihilangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 02:42
Last Modified: 31 May 2024 02:42
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item
View Item