Pengembangan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik di MI Al-Munawwarah Kota Jambi

Rindiani, Rindiani (2023) Pengembangan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik di MI Al-Munawwarah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of SKRIPSI RINDIANI - Husnul Khotimah.pdf] Text
SKRIPSI RINDIANI - Husnul Khotimah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Tematik dengan menggunakan sebuah
media yaitu media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar). Penelitian ini dilakukan dikelas III
dengan pembelajaran Tematik Tema 5 “Cuaca”. Tujuan dari penelitian ini ingin
mengetahui langkah-langkah pengembangan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar)
pada pembelajaran Tematik, kepraktisan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) pada
pembelajaran Tematik, dan efektifitas Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam
pembelajaran Tematik. Pengembangan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dalam

pembelajaran Tematik diperuntukkan untuk anak kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-
Munawwarah Kota Jambi.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4)
implementasi, (5) evaluasi. Model pengembangan ini merupakan salah satu model
prosedural yang bersifat deskriptif, model ini juga sesuai dengan karakteristik jenis
penelitian Research and Development (R&D) yaitu untuk menghasilkan produk. Untuk
dapat menghasilkan produk tersebut digunakan penelitian yang bersifat analisis
kebutuhan.. Metode Research and Development (R&D) adlah metode penelitian yang
digunakan untuk menghasilkan, dan menguji keefektifan suatu produk. Sumber data
penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitunmenggunakan angket. Validasi
pengembangan media pembelajaran ini melibatkan 3 validator yaitu ahli materi, ahli
media,dan ahli pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil validasi ahli materi menilai media ini masuk
dalam kategori “Valid” dengan persentase penilaian 87,5%, dan hasil validasi desain
media menilai ini masuk dalam kategori “sangat valid” dengan persentase penilaian
96,43%, artinya media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) ini layak untuk dijadikan
media pembelajaran. Validator ahli pembelajaran menilai media ini masuk dalam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 31 May 2024 02:30
Last Modified: 31 May 2024 02:30
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item
View Item